Monday, August 25, 2014

pH meter Paper alias Kertas Lakmus pendeteksi kadar keasaman




Assalamualaikum sobat Spot Log atau Kartz Log. Kali ini kita akan membahas tentang materi kimia yakni mengenai kertas lakmus alias pH meter Paper. Berikut penjelasannya....
pH Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar keasaman suatu benda. PH meter beragam jenisnya, ada yang dari produk alami seperti buah-buahan dan ada pula PH meter elektronik. Nah kali ini kita akan membahas yakni tentang pH Meter Paper alias kertas  pendeteksi keasaman atau Kertas Lakmus. Lakmus adalah suatu kertas dari bahan kimia yang akan berubah warna jika dicelupkan kedalam larutan asam atau basa. Warna yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh kadar pH dalam larutan yang ada. Dalam kertas lakmus ini warna akan berubah sesuai skala 0-14, kita tahu bahwa kadar keasaman suatu benda diukur dengan skala Ph 0-14, perlu kita ketahui lebih dulu bahwa pH dibawah 7 adalah asam dan semakin kecil pHnya maka semakin besar juga kadar asam pada benda tersebut, kemudian apabila pH diatas 7 maka benda tersebut merupakan basa dan semakin besar pHnya maka semakin kuat kadar basanya.
Warna kertas lakmus dalam larutan asam, larutan basa, dan larutan bersifat netral berbeda. Ada dua macam kertas lakmus, yaitu lakmus merah dan lakmus biru. Sifat dari masing-masing kertas lakmus tersebut sebagai berikut.
  1. Lakmus merah dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan basa berwarna biru dan dalam larutan netral berwarna merah.
  2. Lakmus biru dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan basa berwarna biru dan dalam larutan netral berwarna biru.
  3. Metil merah dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan basa berwarna kuning dan dalam larutan netral berwarna kuning.
  4. Metil Jingga dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan basa berwarna kuning dan dalam larutan netral berwarna kuning.
  5. Fenolftalin dalam larutan asam akan tidak berwarna dan dalam larutan basa berwarna merah ungu dan dalam larutan netral akan tidak berwarna.
Sekian dulu topik yang kita bahas ini. Semoga bermanfaat.. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


0 komentar:

Post a Comment

Reza Abraham. Powered by Blogger.