Saturday, August 23, 2014

Peranan Ilmu Kimia di berbagai bidang



Ilmu kimia berperan pada berbagai bidang yang lain, disini kita akan membahas apa saja peranan dari ilmu kimia di beberapa bidang.
   
   1.)    Peranan Kimia di bidang Kesehatan
Ilmu kimia berperan sangat penting dalam bidang kesehatan, karena kemajuan ilmu kimia berperan dalam penemuan/eksperimen dan penelitian obat obatan untuk manusia.
   2.)    Peranan Kimia di bidang Pertanian
Kimia di bidang pertanian sangatlah penting pada era modern seperti ini. Kemajuan dari ilmu kimia berperan dalam penemuan dan pembuatan komposisi baru pada pertanian seperti pada pembuatan obat pembasmi hama yang notabene terdiri dari bahan-bahan kimia, kemudian sekarang ini juga telah berkembang banyak jenis dari pupuk-pupuk kimia di pasaran yang juga merupakan hasil dari kemajuan ilmu kimia di bidang pertanian.
   3.)    Peranan Kimia di bidang Geologi
Peran ilmu kimia di bidang geologi adalah mempermudah geolog dalam mempelajari kandungan material bumi seperti logam maupun minyak bumi dengan sifat-sifat kimia dari berbagai material bumi dan teknik analisisnya.
   4.)    Peranan Kimia di bidang Hukum
Di Bidang Hukum Manfaat di bidang hukum yaitu ketika terjadi kejahatan-kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu dibutuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia.
   5.)    Peranan Kimia di bidang Pertenakan
Ilmu kimia pada bidang pertenakan sangat berperan khususnya untuk pertenakan di era modern ini. Kemajuan dari ilmu kimia mendorong terobosan-terobosan baru yang dapat meningkatkan nilai ekonomis dari hasil pertenakan ini, contohnya pada penggunaan hormon penggemuk sapi yang tak lepas dari eksperimen-eksperimen kimia di dalam pembuatannya, dan juga pada proses pengolahan dari limbah itu sendiri menjadi pupuk, dll yang  di dalamnya terkandung dari proses-proses pengolahan senyawa2 kimia seperti gas methana, ammonia dan gas organik lainnya.
   6.)    Peranan Kimia di bidang Biologi
Peranan kimia di bidang biologi tak bisa dilepaskan, mengingat dari objek2 biologi yang terdiri dari unsur2 senyawa kimia. Pembelajaran enzim, hormon, dll termasuk contoh dari adanya peranan kimia di dalam ilmu biologi. Ilmu kimia bermanfaat untuk mempelajari mekanisme metabolisme dalam sel-sel hidup, mempeljari peran senyawa-senyawa organik seperti protein, lemak, karbohidrat dalam tubuh, dll
   7.)    Peranan Kimia di bidang Industri
Penerapan ilmu Kimia di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia
   8.)    Peranan Kimia di bidang Arsitektur
Kimia berperan penting dalam bidang arsitektur. Dengan kemajuan ilmu kimia maka berkembang pula keragaman arsitektur, variasi model, dan bahan-bahannya. Bahan2-baham baru hasil eksperimen dari berbagai senyawa kimia telah menghasilkan banyak komposisi di bidang arsitektur, contohnya dengan adanya penggunaan semen, cat dinding dalam desain pewarnaan, dll.

25 komentar:

  1. kurang bidang!!!
    Bidang pangan dan minum, theknologi, dan Farmasi?
    Apakah Yang diMaksud Penerapan Sama dengan Manfaat??? Atau Penggunaan???
    #Thanks kak

    ReplyDelete
  2. Kurang bidang nya
    Terimakasih atas pemburitahuan nya tentang ilmu kimia

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Makasehh, infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  5. Makasehh, infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Dalam bidang ekonomi nya ga ada tah ka?

    ReplyDelete

Reza Abraham. Powered by Blogger.