Tuesday, August 26, 2014

Pentingnya Sejarah mengapa Sejarah itu penting untuk dipelajari?



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh sobat Spot Log yang semoga di rahmati oleh Allah.SWT.. Kali ini kita akan membahas mengenai materi pentingnya sejarah.
Yak.. sejarah merupakan salah satu cabang dari ilmu Sosial. Sejarah dianggap sebagai ilmu yang penting untuk dipelajari dikarenakan sejarah sebagai pengalaman untuk diambil hikmahnya. Kita tahu bahwa ilmu sejarah itu mempelajari kejadian-kejadian yang telah lalu semenit, satu jam, sehari, setahun, ataupun seabad yang lalu. Banyak dari kejadian-kejadian yang telah lalu tersebut mengandung peringatan bagi kita untuk tidak mengulanginya dan ada pula yang mengandung hikmah penting untuk dapat dimanfaatkan/diterapkan saat ini. Agar lebih jelasnya kita ambil contoh yakni pengalaman buruk dari umat manusia yakni kejadian perang dunia yang berlangsung bahkan 2 kali. Sebenarnya apa yang terjadi pada manusia saat itu? Apakah mereka tidak belajar dari sejarah? Perang dunia pertama yang telah menewaskan banyak korban, kehancuran dimana-mana, kedamaianpun hilang entah terbang kemana. Mengapa? Mengapa manusia saat itu masih mengulangi kesalahan yang terjadi pada masa lampau? Mengapa harus terjadi perang dunia kedua? Apa yang sebenarnya mereka pikirkan? Orang-orang saat itu telah belajar sejarah tetapi meeka tidak mempelajarinya... tahukah anda maksudnya? Maksudnya ialah orang pada saat itu telah belajar/tahu apa sejarah mereka? apa yang terjadi pada pendahulu mereka? Namun mereka tidak mempelajarinya maksudnya adalah dari kejadian tersebut mereka tidak mengambil hikmahnya, mereka tetap saja mengulangi kesalahan pendahulunya.
Selain karena alasan diatas, sejarah juga penting karena sejarah itu adalah sebagai bahan suatu individu (orang, bangsa, suku, dan sejenisnya) untuk mengetahui identitas dirinya, bagaimana dirinya itu. Dengan uraian tersebut bisa kita katakan selain menjadi subjek (mempelajari) dari ilmu sejarah, manusia juga menjadi objek dari ilmu sejarah (dipelajari). Ehemm.. Kembali ke topik..!! nah sobat, mengapa kita harus mengetahui identitas diri kita? Mengapa kita harus mengetahui latar belakang bangsa kita? Negara kita? Agama kita? Budaya kita? Jawabannya adalah dikarenakan dengan mengetahui identitas diri kita itu diharapka kita ini bisa kuat atau tidak mudah terpengaruh dengan budaya-budaya asing yang menyerang kita dan kita bisa membandingkan/menyelektif budaya kita dengan budaya asing tersebut mana yang lebih cocok untuk diri kita (baik dari segi agama, norma, dan minat kita). Nah.. sebelum bisa menyelektif antara budaya asing dan lokal tersebut lebih dahulu kita haus mengetahui bagaimana budaya kita yang merupakan identitas dari diri kita tersebut.
Maka dari uraian panjang diatas dapat kita simpulkan bahwa ilmu sejarah itu ialah penting untuk dipelajari sebagai pembelajaran dan sebagai jalan mengetahui identitas diri kita.
Untuk topik ini sekian dulu.. semoga bermanfaat.. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 komentar:

Post a Comment

Reza Abraham. Powered by Blogger.