Saturday, April 12, 2014

Cara Mengedit File SWF dengan Aplikasi JPEXS-FFDec

flash decompiler


Berikut ini tampilan awal aplikasi JPEXS Free Flash Decompiler yang merupakan salah satu software alternatif dari Sothink SWF Decompiler yang berbayar itu. Aplikasi ini menurut informasi pada situs resminya dapat berjalan di berbagai OS seperti Windows, Linux dan Mac OS.
JPEXS Free Flash DecompilerBeda JPEXS Free Flash Decompiler ini dengan Sothink SWF Decompiler adalah ia dapat langsung melakukan editing actionscripts. Ini penting karena bagi orang awam dalam pembuatan animasi, karena aplikasi ini memudahkan bagi kita yang hanya ingin mengubah teks yang berbahasa asing ke Bahasa Indonesia. Untuk edit lainnya tentu perlu penguasaan mendetail dalam pembuatan sebuah animasi dengan cara membongkar file swf menjadi file fla terlebih dahulu.
Jika animasi yang berbahasa asing itu dapat kita terjemahkan dan kita gunakan di kelas sebagai sarana belajar tentu akan sangat membantu siswa.
Bagaimana cara menggunakan JPEXS Free Flash Decompiler? Tidak  terlalu sulit menurut saya yang juga awam dalam pembuatan animasi media pembelajaran ini. Unduh (download) aplikasinya dari pranala ini. Kemudian install, dan kita langsung bisa menggunakannya tanpa rasa khawatir itu software bajakan.
Sedikit cara menggunakannya:
Setelah berhasil diinstall, kita dapat mengaksesnya melalui Search Start Menu Windows dengan mengetikkan JPEXS seperti gambar berikut:
jpexs 0Atau dapat juga diakses melalui Start Menu konvensional seperti berikut:
jpexs 01Jika sudah terbuka kita dapat langsung membuka file animasi dengan ekstensi *.swf pada folder di komputer kita.
jpexs 02Jika folder texts atau scripts sudah diklik kita akan dapat menjumpai tampilan seperti berikut.
JPEXS 1Yang perlu diperhatikan adalah kita tahu letak teks yang hendak kita terjemahkan itu. Biasanya ada dalam folder texts atau scripts. Untuk mengedit teks tersebut Klik Tombol Edit dan jika selesai Klik Tombol Save. Setelah semua beres (selesai) Klik tombol Save yang ada tepat di bawah menu File itu.
JPEXS 2JPEXS 3
Jika kurang paham akan fungsi menu dan tool yang ada kita dapat memanfaatkan menu help. Untuk mengetahui fitur-fitur dalam aplikasi JPEXS FFDec ini silahkan baca di sini.
Untuk software serupa dengan JPEXS FFDec yang tentu saja Gratis dapat di baca lebih lanjut di blog Bruce-lab.blogspot.com.
Catatan dari saya: beberapa bagian static texts tidak dapat diedit secara benar, sepertinya ini suatu bug yang harus kembali dibenahi. Jika mendapati hal ini kita bisa kombinasikan aplikasi lain. Misalnya dengan Trillix Decompiler versi demo di mana kita diijinkan untuk mengedit static texts meskipun tidak dapat mengedit actions scripts. Untuk actionscripts dengan JPEXS FFDec ini bisa berfungsi dengan baik.

Sumber: http://urip.wordpress.com/

0 komentar:

Post a Comment

Reza Abraham. Powered by Blogger.