Wednesday, May 1, 2013

MISTERI LUKISAN KARYA LEONARDO DA VINCI – LAST SUPPER




The Last Supper
Lukisan ini dibuat oleh Dvinci secara langsung, lain seperti hal nya lukisan-lukisan yang di lukis diatas kain atau kertas, di mana pigmen yang dicampur dengan plester basah, dan belum teruji dengan baik. bahkan sebelum lukisan ini selesai banyak masalah yang timbul seperti cat yang mengelupas dari dinding, leonardo pun harus memperbaikinya berulang-ulang. Selama bertahun-tahun lukisan ini telah banyak mengalami banyak kehancuran yakni seperti dibom, dan yang pada akhirnya telah dipulihkan, sekarang ini mungkin kita dapat melihat sangat sedikit untuk  keaslian lukisan ini.
Dan banyak misteri yang menarik di dalam lukisan ini…
Apakah ini adalah sebuah ‘paskah’?
Tentu tidak! Perjamuan ini diselengarakan dihari sebelum ‘Good Friday ‘ – hari Yesus disalibkan. Hari raya Paskah mulai saat matahari terbenam sehingga makanan yang sudah berada di meja dianggap  masih terlalu dini untuk merayakan sebuah acara paskah,  lihat keluar jendela di latar belakang, seperti nya tampak masih pagi kan atau mungkin siang. Juga gambar yang menunjukkan Yesus dan para murid duduk di perjamuan tersebut. Paskah secara tradisional dirayakan dengan makan bersama-sama oleh umatnya. Jika Anda membaca Alkitab, Anda akan menemukan:
Matius 26 : 2 ” Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan. “
Matius 26 : 3  ” Pada waktu itu imam-imam kepala dan para tua-tua berhimpun di balai Imam Besar Kayafas. “
Matius 26 : 4 ” dan mereka merundingkan suatu rencana untuk menangkap Yesus dengan tipu muslihat dan untuk membunuh Dia. “
Matius 26 : 5  ” Tetapi mereka berkata :  Jangan pada waktu perayaan, supaya jangan timbul keributan di antara rakyat.”
Yohanes 13 : 1 ” Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya. “

Makanan
Di meja menunjukkan bahwa ada roti beragi (alasan lain yang belum bisa di adakan acara paskah), ikan, anggur dan beberapa jenis ramuan lain.  Ada juga beberapa keju. Tetapi tidak ada tanda-tanda akan anak domba yang di panggang padahal seharus nya menjadi tradisi pada acara paskah?
Gelas kaca / Botol kaca / Anggur / Piring
Ada dua belas gelas yang ditampilkan di lukisan ini, masing-masing berisi anggur merah. Ini akan menjadi normal untuk meminum anggur dan memakan makanan yang sudah tercemar, dan gelas kaca ini termasuk hal  yang aneh, memang kaca sangat populer di Roma, tetapi orang-orang Yahudi konservatif akan minum dari gelas-gelas yang terbuat dari tanah liat atau kayu, dan hanya kalangan orang kaya saja yang akan minum dari gelas logam. beberapa di antaranya yang ditampilkan. Lihat, mereka memakai piring logam! dan di sana  tidak ada teko atau kendi yang ditampilkan jadi dari mana anggur didalam gelas tersebut? Botol kaca, menurut ku mustahil karena ini terlalu kecil untuk diisi anggur yang diperlukan. Apakah kalian tidak berfikir aneh ? Ada apa yah di balik ini semua?

Begitu digambarkan
Hal ini seharusnya menjadi saat ketika Yesus, berkata “Sungguh, benar-benar, Aku berkata kepadamu, salah satu dari kalian akan mengkhianati saya”. Gambar ini menunjukkan reaksi para murid ini. (Lihat gambar tangan yang memegang pisau)

Apa itu yang berada ditengah?
Sekitar tahun 1652, beberapa perusak diketahui  menyisipkan pintu lain ke dalam ruang makan dan memutuskan bahwa satu-satunya tempat logis untuk itu tepat di tengah-tengah  dinding di mana Leonardo melukis kaki Kristus. (lihat gambar diatas, dibawah kaki Yesus ada sebuah pintu)  Satunya bukti yang kita miliki tentang lukisan asli cat minyak ini adalah salinan yang dibuat dalam centaury 16 dan sekarang disimpan di Tongerlo Abbey, Antwerp.

Sebuah Pisau
Karena kondisi yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata dan tidak memunkinkan itu telah ada beberapa argumen tentang pemilik tangan yang memegang pisau.





Teorinya adalah :
1. Apakah tangan itu milik Yohanes / Maria? (Yah tergantung dari pemikiran kalian sebenarnya di samping kanan yesus itu Maria magdalena atau Yohanes). Petrus memegang pergelangan tangan siapa?  Andreas yang melihat kejadian ini terkejut!
2. Jika tangan ini terpisah, mungkin ada orang yang tertutup, mungkin Yohanes? dan Maria ditampilkan di sebelah kanan.
3. Jika tangan yang memegang pisau adalah Petrus, jadi dia memutar tangannya dibalik yudas?

Mari kita lihat setiap teori pada urutannya :
1. Berikut gambar yang sudah menghilangkan Yudas. Apakah ada sesuatu yang aneh?







Jika pisau yang sedang dipegang oleh Yohanes / Maria maka ia memiliki lengan yang sangan panjang dan besar. Seperti gorila! Apakah Leonardo telah membuat kesalahan seperti ini? Terlihat bahwa jari Yohanes / Maria terlihat terlipat di depan pangkuan nya sendiri.






2. Hal ini mengasumsikan bahwa sosok feminin di kanan Yesus dalam gambar adalah Maria Magdalena, dan bahwa Yohanes, yang termuda dari para murid yang menghilang. Jadi mungkin  tangan milik Yohanes yang ditutupi oleh Petrus dan Yudas. Tapi menurut saya sangat tidak mungkin. Jika itu benar – di mana tepatnya Yohanes berada

Mungkin dia menjatuhkan gelasnya??
3. Yang terakhir adalah bahwa Petrus memegang pisau pada sudut yang sangat aneh. Gambar sketsa menunjukkan bahwa hal ini terjadi - jelas bahwa pisau di tangan Petruspun pasti memberinya beberapa masalah yang sangat sulit dan mungkin ia akan memutuskan untuk banyak berlatih.
John atau Maria Magdalena?
Dalam buku fiksi ‘The Da Vinci Code’, Daniel Brown telah mengasumsikan bahwa karakter yang mengambarkan tokoh yg feminin di sebelah kanan Yesus bukanlah Yohanes tetapi Maria Magdalena. Dan berteori bahwa Yesus menikahi Maria setelah penyaliban Nya, dan Yesus mempunyai anak dgn Maria Magdalena.
Saya mengakui bahwa menurut saya Yohanes memang terlihat seperti wanita, tapi apakah ini menjadi cukup bukti terhadap sosok feminin ini?
Kita perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:
* Apakah pada waktu itu Gereja sudah memutuskan siapa kah karakter feminin ini? Yohanes atau Maria?
* Menurut saya ini  ‘normal’ karena pada waktu itu  Yohanes adalah yang termuda dari para murid, jika digambarkan feminin. Tidak hanya Leonardo yang berfikiran seperti ini.
* Leonardo diduga telah menjadi homoseksual.
* Jika ‘John’ adalah ‘Maria’ maka mana John? Bersembunyi di bawah meja?
* Apakah itu kalung di leher ‘Yohanes’? Jika demikian – kenapa tidak menjual apa yang Anda miliki dan memberikan kepada orang miskin. Namun tidak kurang dari enam orang lain dalam lukisan itu memiliki item yang sama, atau mungkin sebuah pengikat garmen/jubah.
* Dalam karangan  ‘The Da Vinci Code’ mengacu ‘tangan halus dilipat, dan lekukan payudara’ (Maaf saya tidak bermaksud kasar) Tangan Yohanes tidak terlihat feminin dan mempunyai lekukan payudara seperti halnya seorang wanita.
* Periksa alis Yohanes /  Maria. Di jaman itu sangat populer bagi perempuan untuk mencukur alisnya. Cobalah mencari alis  Mona Lisa. (walaupun ada bukti bahwa  Leonardo tidak melukis nya). Ini juga sulit untuk menemukan alis murid-murid yang lain. Apakah itu juga berlaku untuk laki-laki muda pada saat itu? Saya? tidak tahu. Mungkin ‘pakar’ di luar sana dapat membantu?

0 komentar:

Post a Comment

Reza Abraham. Powered by Blogger.