Wednesday, August 27, 2014

Contoh Analisa Kasus Ekonomi

Apa kabar sahabat Spot Log? kali ini ane akan membahas  Contoh Analisa Kasus Ekonomi. OK langsung aja deh ane udah gak bisa basa basi lagi..


Analisa Kasus Ekonomi
     v Kasus   :
Terjadi demo besar besaran yang dilakukan oleh para buruh di Jakarta yang menuntut kenaikan upah minimum sebesar  60% atau menjadi sebesar 3,7 juta rupiah.
Sumber : Seputar Indonesia (RCTI)
     Ø Sebab   :
Para buruh di Jakarta berdemo dikarenakan mereka menuntut kenaikan upah minimum mereka sebesar 60% hingga upah minimum mereka menjadi 3,7 juta rupiah, karena menurut mereka sebesar itulah upah yang pantas mereka dapatkan dan mereka menagih janji terhadap bapak Ahok yang mengatakan bahwa akan menaikan gaji buruh di Jakarta.
     Ø Dampak:
Jika upah minimum buruh dinaikkan hingga 60% atau gaji mereka menjadi 3,7 juta per bulan itu artinya gaji mereka setara dengan gaji PNS saat ini bahkan bisa melebihi gaji PNS saat ini. Dampak negatif jika gaji para buruh di Jakarta saat ini dinaikkan antara lain:
1.   Banyaknya Perusahaan atau pabrik yang merugi karena biaya gaji buruh yang amat tinggi.
2.   Akan banyak perusahaan yang menutup pabriknya dikarenakan gaji buruh yang tinggi ini.
3.   Karena banyak perusahaan yang tutup berarti angka pengangguran akan meningkat.
4.   Karena gaji buruh naik perusahaan atau pabrik juga akan menaikkan harga barang mereka akibatnya banyak barang barang kebutuhan yang harganya naik atau mahal.
Dampak positifnya adalah banyak buruh yang hidupnya menjadi tercukupi kalau perusahan tempatnya bekerja tidak tutup karena gaji buruh yang tinggi.
Ø Solusi    :
Pemerintah lebik baik memberikan penyuluhan dan pengertian kepada para buruh apa yang akan terjadi jika kebijakan menaikkan upah minimum buruh ini menjadi 3,7 juta rupiah. Apa dampak positifnya dan apa dampak negatifnya, masa jika dipikir pikir buruh yang kebanyakan hanyalah lulusan SMP atau SMA gajinya sama dengan para PNS yang sekolah hingga perguruan tinggi? Sepertinya ini tidak patut kecuali sang buruh bekerja dengan penuh tanggung jawab dan rajin. Jika para buruh mau penghasilannya banyak mereka harus kreatif membuat peluang usaha sendiri sehingga mereka dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Menurut saya, saat ini pemerintah jangan dulu mengambil keputusan dengan terburu-buru, lebih baik dipikirkan dengan cermat apa yang akan terjadi kedepannya jika gaji buruh tetap atau gaji buruh dinaikkan.
     Ø Upaya    :
Upaya Yang dilakukan buruh         :
Agar tuntutan mereka dituruti yaitu naiknya upah minimum sebesar 60% atau menjadi 3,7 juta rupiah mereka (para buruh) beramai-ramai melakukan demonstrasi besar-besaran di jalan raya menuntut kenaikan upah minimum mereka. Saat berdemonstrasi mereka menggunakan spanduk spanduk dan perlengkapan lainnya sebagai sarana penyampaian mereka, dari ibu-ibu, bapak-bapak, hingga para remaja juga banyak yang ikut berdemonstrasi menuntut kenaikan upah minimum mereka.
Upaya Yang dilakukan pemerintah:
Saat Demo : saat demo berlangsung pemerintah sudah menyiapkan aparat kepolisian yang telah siap siaga mengatasi demonstrasi yang sewaktu-waktu bisa saja berubah menjadi kericuhan. Aparat kepolisian bertugas untuk menertibkan para demonstran dan juga untuk menertibkan lalu lintas di jalan raya saat berlangsungnya demonstrasi agar tidak macet dan tidak terjadi sebuah kecelakaan.
Tanggapan Pemerintah : pemerintah menilai bahwa kenaikan gaji sebesar 60% tahun ini terlalu tinggi mengingat tahun kemarin gaji mereka juga sudah dinaikkan. Untuk itu pemerintah saat ini sedang mengupayakan sesuatu yang terbaik untuk saat ini. Sepertinya belum diputuskan apakah pemerintah saat ini akan menaikkan gaji para buruh atau tidak, pemerintah sepertinya juga sedang menganalisa apa yang akan terjadi jika mereka melakukan kebijakan menaikkan gaji atau tidak menaikkan gaji.

0 komentar:

Post a Comment

Reza Abraham. Powered by Blogger.